Tips Bagi Ibu Hamil Saat Bulan Suci Ramadhan, Seperti ini

Cherlyana Eka Dewi Shinta. Amd, Keb
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Penulis: Cherlyana Eka Dewi Shinta. Amd, Keb RSUD Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Diguyur Hujan, Masyarakat Banyuwangi Tumpah Ruah Nobar Indonesia vs Irak

Puasa Ramadhan merupakan ibadah menahan hawa nafsu termasuk tidak makan dan minum dalam tenggat waktu tertentu selama satu bulan,terkadang Ibu yang sedang hamil memiliki rasa khawatir ketika memasuki bulan suci Ramadhan dikarenakan puasa dapat mengganggu kehamilannya.

Namun terdapat sejumlah tips aman berpuasa saat hamil yang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil, seperti mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, hingga membatasi aktivitas fisik. Berikut penjelasannya.

Jokowi Apresiasi Timnas U-23 yang Telah Berjuang Keras

1. Konsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Tips puasa saat hamil yang pertama adalah sediakan makanan sehat sebagai hidangan sahur dan berbuka puasa. Pastikan bahwa hidangan sahur dan berbuka puasa mengandung gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. 

3.700 Pasukan Amankan Kunjungan Presiden Jokowi di Banyuwangi

Selain itu, penting pula untuk menyajikan makanan tinggi serat selama berpuasa agar tubuh merasa kenyang lebih lama serta mencegah terjadinya sembelit saat hamil.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Halaman Selanjutnya
img_title