Hari Terakhir Cuti Bersama, Penumpang Kereta Api Membludak

Hari terakhir cuti bersama
Sumber :
  • Achmad Fuad Afdlol/ VIVA Banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi –Kepadatan penumpang di stasiun wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember masih terlihat tinggi pada Senin 15 April 2024, bertepatan dengan hari terakhir pelaksanaan cuti bersama lebaran 1445H. Hingga pukul 14.00 WIB sore ini, terpantau 11.181 pelanggan berangkat menggunakan kereta api pada arus balik untuk kembali menuju kota perantauan. Sedangkan pelanggan yang turun di wilayah Daop 9 Jember dari Pasuruan hingga Ketapang mencapai 10.996 penumpang.

Antisipasi Banjir Susulan, TNI-Polri dan Masyarakat Pasang Bronjong di Sungai Kali Asem

“Tingginya jumlah penumpang yang berangkat pada hari ini, menunjukkan bahwa masyarakat telah menjadikan kereta api sebagai alat transformasi pilihan selama angkutan lebaran 2024,” ungkap Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

Cahyo menjelaskan, tingginya minat masyarakat untuk menggunakan kereta api tidak terlepas dari on time performance alias tingkat ketepatan waktu kereta api yang sangat tinggi. Selama angkutan lebaran 2024 dari 31 Maret sampai 14 April, tercatat tingkat ketepatan waktu untuk keberangkatan mencapai 100 persen. Sedangkan untuk ketepatan waktu kedatangan KA di Daop 9 Jember mencapai diatas 99,17 persen.

Himbauan Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Lumajang Bagikan Brosur

Hari terakhir cuti bersama

Photo :
  • Achmad Fuad Afdlol/ VIVA Banyuwangi

Selama 16 hari angkutan lebaran 2024 dari 31 Maret (H-10) sampai 15 April (H+4), KAI Daop 9 Jember melayani 141.958 penumpang yang naik dan 149.598 penumpang yang turun. Stasiun Jember menjadi tempat paling banyak digunakan para pelanggan yaitu dengan penumpang naik sebanyak 51.416 dan yang turun sebanyak 47.408 penumpang pada periode tersebut.

Pj Bupati Lumajang: Belanja Pegawai Hingga Tahun 2027 Aman

Masih tersedia sebanyak 11.273 tempat duduk yang dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin bepergian untuk beberapa KA  di beberapa tanggal keberangkatan. KAI mengimbau masyarakat yang ingin bepergian baik untuk keperluan balik menuju perantauan ataupun pergi melakukan liburan dapat segera merencanakan perjalanan dengan memesan tiket selagi masih tersedia.

“Kereta api menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang akan balik menuju kota perantauan, karena bebas macet, nyaman dan kepastian jam kedatangan di tempat tujuan. Dan KAI akan terus berkomitmen menghadirkan inovasi layanan kepada pelanggan sehingga tercipta transportasi yang aman, nyaman dan berkesan,” tutup Cahyo.