Arus Balik, 3.205 Penumpang Dari Pulau Madura Tiba di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Jangkar Situbondo
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Situbondo, VIVA Banyuwangi –Sedikitnya 3.205 penumpang dari Pulau Madura tiba di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo dalam musim arus balik Lebaran Idul Ffitri 1445 Hijriah. Para penumpang tersebut berasal dari sejumlah wilayah kepulauan di Madura.

Demo Buruh, UMK Terendah se-Jawa Timur Disoroti Ratusan Buruh di Situbondo

“Sampai tanggal 18 April 2024. Baru 3.205 orang yang tiba. Mereka berasal dari Kalianget, Sapudi, Raas dan Kangean,” ujar Kepala UPT Pelabuhan Pengumpan Regional Banyuwangi Wilker Jangkar, Situbondo. Tri Wahyono.

Mengacu pada jumlah arus mudik, jumlah penumpang pada arus balik tersebut belum sebanding dengan keseluruhan jumlah penumpang.

Reaktivasi Kereta Api Relasi Jember Situbondo Sangat Dibutuhkan, ini Kata BTP Jatim

“Jumlah penumpang saat arus mudik sejak H+15 Lebaran sampai dengan hari kedua Lebaran (H2) tercatat 9.489 orang menyeberang ke Madura. Kalau dihitung mulai H+1 sampai dengan H+7 kemarin baru ada sekitar 35 persen atau 3.205 orang yang kembali lewat Jangkar,” tutur Tri Wahyono secara eksklusif pada Banyuwangi.viva.co.id.

Beberapa penumpang yang dalam musim arus balik ini, Sebagian besar merupakan pekerja di Pulau Bali yang sudah habis masa cutinya.

Kawasan Konservasi Taman Nasional Baluran Situbondo Dijagat Ketat Petugas Gabungan

“Sedangkan penumpang lain. Diperkirakan baru akan Kembali setelah musim arus balik mereda. Hingga tidak terlalu padat,” kata Tri Wahyono di kantornya.

Tidak sebandingnya jumlah penumpang pada musim arus mudik dan arus balik, juga dipicu dengan terpecahnya konsentrasi penumpang yang juga melalui Pelabuhan lain.

Halaman Selanjutnya
img_title