Pasar Banyuwangi Akan Diubah Jadi Kawasan Heritage

Pasar tradisional Banyuwangi akan diubah jadi kawasan heritage
Sumber :
  • Istimewa/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Pemerintah pusat akan melakukan revitalisasi Pasar Banyuwangi menjadi pusat perbelanjaan dan kawasan heritage pada pertengahan tahun 2024 ini. Pemkab Banyuwangi pun segera melakukan relokasi pedagang pasar Banyuwangi untuk memperlancar pelaksanaannya. 

Satu-Satunya di Jatim, Banyuwangi Raih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Kemendikbud Riste

Pekerjaan revitalisasi Pasar Banyuwangi akan dimulai akhir Mei 2024. Paravpedagang akan direlokasi ke Gedung Wanita Paramitha Kencana dan areal sekitarnya yang lokasinya 200 meter dari pasar Banyuwangi.

“Proses relokasi akan kita mulai 1 sampai 7 Mei. Pemkab akan menyiapkan armada untuk mobilisasi barang dagangan, termasuk tenaga driver dan BBM nya. Kendaraan ini akan stand by di areal pasar Banyuwangi selama proses relokasi,” tutur Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, Kamis 25 April 2024.

Bupati Ipuk Dorong Nelayan Diversifikasi Pangan Hasil Tangkapan Laut

Pasar Banyuwangi akan direvitalisasi menjadi pusat perbelanjaan dan destinasi heritage yang terintegrasi dengan Asrama Inggrisan, eks kantor dagang Inggris. Revitalisasi Pasar Banyuwangi ini sepenuhnya dibiayai Kementerian PUPR dengan anggaran kurang lebih Rp 200 miliar.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi, Nanin Oktaviantie, menambahkan sekitar 352 pedagang akan direlokasi. Para pedagang akan ditempatkan sesuai dengan zonasi seperti area pangan basah, pangan kering, siap saji dan non-pangan. 

Pemkab Banyuwangi Raih WTP 12 Kali Beruntun

“Pedagang akan menempati lokasi ini selama proses revitalisasi berlangsung. Diperkirakan pekerjaannya memakan waktu selama satu tahun,” ujar Nanin.

Nanin menjelaskan berdasar informasi dari Kementerian PUPR, kegiatan revitalisasi pasar Banyuwangi sudah masuk tahap tender. Diperkirakan 20 Mei sudah tanda tangan kontrak. 

Halaman Selanjutnya
img_title