Tunda Kehamilan Adalah Prioritas Cegah Stunting

Stunting
Sumber :
  • Fuad/Banyuwangi.viva.co.id

Lumajang, VIVA Banyuwangi – Dengan menunda kehamilan pada usia yang ideal telah menjadi fokus utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, dalam upaya pencegahan stunting (tengkes) di Kabupaten Lumajang.

7 Keajaiban Alam yang Wajib Dikunjungi di Lumajang

Hal ini disampaikan Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang, Agus Triyono, Jumat 31 Mei 2024.

“Dengan memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat, diharapkan kesadaran akan pentingnya faktor ini dapat meningkat, sehingga angka stunting di Lumajang dapat ditekan secara signifikan,” ujar Sekda Lumajang dalam kegiatan Penilaian Kinerja Stunting Provinsi Jawa Timur, di CCRoom Pemkab Lumajang.

Lumajang, Pesona Gunung Semeru: Rekomendasi Tempat Menginap Terbaik

Agus Triyono juga menyampaikan, salah satu tantangan utama yang dihadapi saat ini adalah tingginya angka perkawinan dini dan nikah siri. Hal tersebut menjadi faktor utama penyebab stunting di wilayah tersebut.

Menurutnya, langkah-langkah strategis telah diambil oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) Lumajang untuk mengatasi masalah tersebut.

Tradisi Ojong: Warisan Leluhur di Lumajang, Pemersatu Budaya dan Ajang Uji Ketangguhan

Salah satu strategi yang ditekankan adalah edukasi kepada pasangan pengantin yang masih berusia di bawah 20 tahun untuk menunda kehamilan hingga usia yang ideal.

"Teman-teman KPM telah berupaya keras mengedukasi para pengantin muda agar bersedia menjalani tahun madu dengan sempurna. Ini berarti menunda kehamilan hingga usia yang lebih matang dan memungkinkan, yang pada gilirannya dapat menghambat proses terjadinya stunting pada anak," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title