Danlanal Banyuwangi Inspeksi Pengamanan Proses Bongkar Muat Alutsista AS di Dermaga Tanjung Wangi

Proses Bongkar Muat Alutsista Amerika
Sumber :
  • Dok. Lanal Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz, melaksanakan inspeksi langsung terhadap proses debarkasi atau pembongkaran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) militer Amerika Serikat yang telah memasuki hari kedua di Dermaga Tanjung Wangi, Ketapang, Banyuwangi, Selasa, 13 Agustus 2024.

KRI Nagapasa: Siluman Laut Penjaga Kedaulatan NKRI, Mengungkap Kecanggihan dan Kekuatan Tempur

Didampingi oleh Kolonel Mar Profs Dhegratmen, perwakilan dari Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (Kodiklat TNI), Danlanal Banyuwangi memantau secara seksama proses pemindahan material dan Alutsista dari Kapal MV. Cape Hudson ke area parkir Dermaga Tanjungwangi. Selain itu, Hafidz juga memeriksa kesiapan prajurit yang bertugas mengamankan area tersebut.

Dalam keterangannya, Danlanal Banyuwangi menegaskan bahwa keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama dalam kegiatan ini.

Lebih dari Sekadar Kapal Perang: Menyelami Kekuatan Alutsista TNI AL

Kolonel Mar Profs Dhegratmen, dan Letkol Laut (P) Hafidz

Photo :
  • Dok. Lanal Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

"Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan debarkasi berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Bell 412EP: Garda Udara Penjaga Samudera, Mengungkap Kecanggihan dan Kemampuan Tempur Helikopter

Letkol Laut (P) Hafidz juga mengungkapkan rasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan kepada Lanal Banyuwangi untuk mendukung kegiatan berskala internasional ini.

"Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menunjukkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL Lanal Banyuwangi dalam mensukseskan perhelatan latihan militer terbesar se-Asia Pasifik," ucapnya dengan penuh kebanggaan.

Inspeksi ini menunjukkan keseriusan TNI AL dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses debarkasi alutsista AS. Hal ini juga mencerminkan komitmen TNI AL dalam mendukung suksesnya Latihan Bersama Multilateral Super Garuda Shield (SGS) 2024 yang akan berlangsung pada akhir Agustus hingga awal September mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title