Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran: Pemicu Belum Diketahui

Kebakaran hutan Taman Nasional Baluran
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Situbondo, VIVA BanyuwangiMusim kemarau kembali membawa petaka bagi Taman Nasional Baluran di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pada Kamis, 22 Agustus 2024, kobaran api melanda kawasan hutan jati di tepi jalur utama Pantura Jawa-Bali.

Lanal Banyuwangi Edukasi Nelayan Panarukan Soal Keamanan

Kebakaran ini berlangsung selama kurang dari dua jam sebelum akhirnya berhasil dijinakkan oleh petugas. Kejadian ini menambah daftar panjang insiden kebakaran yang sering terjadi di Baluran selama musim kemarau, meski penyebab pasti dari kebakaran kali ini belum diketahui.

Kronologi Kebakaran

Kebakaran tersebut terjadi di area yang mudah diakses, sehingga petugas dari Taman Nasional Baluran dapat dengan cepat melakukan penanganan.

Situbondo: Surga Tersembunyi bagi Pemburu Spot Instagramable

Sekitar 500 meter lahan jati yang berada di dekat jalan utama terbakar. Berkat kecepatan dan koordinasi yang baik antara petugas, api tidak sempat meluas dan dapat dipadamkan dalam waktu singkat.

Menurut saksi mata, Saminto, seorang pengemudi truk logistik yang kebetulan melintas di lokasi kejadian, kobaran api diduga mulai muncul menjelang tengah hari ketika angin bertiup cukup kencang.

Situbondo, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Jawa: Destinasi Wisata Wajib Kunjung

"Tadi tahunya setelah api membesar. Awalnya mungkin tidak ada yang tahu karena memang kawasan hutan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title