Rujak Kelang Muncar, Kuliner Banyuwangi yang Rasanya Unik dan Penasaran

Rujak kelang, makanan khas Muncar Banyuwangi
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Banyuwangi mempunyai sejumlah kuliner menarik yang patut untuk dicoba. Salah satunya yaitu rujak kelang Muncar. Makanan khas masyarakat pesisir selatan Banyuwangi ini dapat ditemui di sekitar wilayah Pelabuhan Ikan Muncar.

Bupati Ipuk: Kami Siapkan Instrumen Pendidikan Agama Dari PAUD Hingga Universitas

Seperti rujak pada umumnya, rujak kelang terdiri dari cacahan buah timun, mangga, kedondong, potongan tahu goreng. Bumbu rujak kemudian ditambahkan dengan sedikit petis ikan khusus, kuah ikan pindang serta garam.

Rujak kelang biasanya dilengkapi dengan sajian krupuk kromoleo yang berbahan dasar singkong dan kutil (sejenis cireng yang digoreng kecil-kecil).

Ketakutan, Penyebar Hoax Setoran Battle Sound Banyuwangi Kibarkan Bendera Putih

“Dimakan sama kutil jadi lebih enak,” ungkap Naila, salah satu pembeli rujak kelang Neng Licha, Sabtu (5/8).

Kutil, makanan pelengkap rujak kelang

Photo :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi
Cegah Battle Sound, Polisi Perketat Pengamanan Perbatasan

Menurut Naila, ada beberapa tempat rujak kelang yang kerap ia datangi. Di antaranya yaitu Rujak Kelang Bu Bibeh, Rujak Kelang Bik Ati, dan Rujak Kelang Neng Licha.

Meski saat ini sudah banyak orang yang berjualan rujak kelang di wilayah Banyuwangi, perempuan asal Genteng ini mengaku lebih suka mendatangi wilayah Muncar untuk mencicipi kuliner tersebut. Selain masalah rasa, Naila menyebut harga rujak kelang di Muncar lebih murah yaitu mulai dari Rp4000,- hingga Rp6000,- untuk satu porsinya.

Halaman Selanjutnya
img_title