Geopark Ijen Dorong Penambahan Pendapatan Daerah untuk Banyuwangi

General Manager Geopark Ijen di hadapan Bupati Banyuwangi
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Geopark Ijen mendorong pihaknya terlibat dalam penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi lewat diluncurkannya pusat informasi Geopark Ijen pada Jumat, 26 Januari 2024.

Liburan Telah Tiba, Ini Rekomendasi Hotel di Banyuwangi, Dekat Pusat Kota dan Wisata!

“Disampaikan oleh PIG (Pusat Informasi Geologi) bahwa ini bisa menjadi tambahan PAD bagi Kabupaten Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pada Banyuwangi.viva.co.id.

Hal tersebut karena untuk masuk ke PIG Geopark Ijen, pengunjung akan dikenakan tarif berbayar yang nantinya digunakan untuk perawatan fasilitas yang ada. 

Daftar Tim dan Negara yang Mengikuti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Sementara itu, tarif yang dikenakan PIG Geopark Ijen adalah sebesar Rp 5 ribu untuk pengunjung usia sekolah dan Rp 10 ribu untuk pengunjung umum. 

“Dimulai setelah BAST (Berita Acara Serah Terima),” kata General Manager Geopark Ijen Abdillah Baraas pada Banyuwangi.viva.co.id.

Tour de Banyuwangi Ijen 2024 Kembali Digelar!

Namun demikian, untuk sementara waktu, kunjungan ke PIG Geopark Ijen akan dihubungkan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi. 

“Pendaftaran di Disbudpar, keliling museum di Disbudpar, kemudian nanti bonusnya keliling di sini. Jadi tetap ada PAD untuk Banyuwangi,” urai pria yang akrab disapa Badil tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title