Kecelakaan Jeju Air Bukti Sisi Gelap Penerbangan Di Korsel, Sama Seperti Indonesia?
- www.koreantimes.com
Korea Selatang, VIVA Banyuwangi –Kekhawatiran akan tantangan pemeliharaan oleh maskapai berbiaya rendah (LCC) telah muncul setelah tragedi Jeju Air, menurut para pengamat industri pada hari Kamis, dengan data yang menunjukkan ketergantungan yang besar pada luar negeri untuk perbaikan pesawat yang kritis, seperti perbaikan mesin.
Kerusakan roda pendaratan yang terlihat pada pesawat Jeju Air B737-800 yang jatuh pada hari Minggu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa maskapai ini mungkin telah memprioritaskan operasi daripada waktu perawatan yang cukup, yang berpotensi membahayakan keselamatan.
Menurut data dari kementerian transportasi, biaya perawatan yang dihabiskan di luar negeri oleh maskapai penerbangan domestik mencapai 1,99 triliun won ($ 1,35 miliar) pada tahun 2023, naik 58,2 persen dari 1,26 triliun won pada tahun 2019.
Untuk maskapai LCC domestik, peningkatannya bahkan lebih besar. Biaya perawatan di luar negeri oleh maskapai berbiaya rendah mencapai 502,7 miliar won tahun lalu, naik 63,6 persen selama periode yang sama.
Tingkat perbaikan oleh LCC yang dilakukan di luar negeri tercatat sebesar 71,1 persen pada tahun 2023.
Di antara maskapai penerbangan Korea, hanya Korean Air dan Asiana Airlines, maskapai penerbangan layanan penuh di negara tersebut, yang memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan besar, termasuk perbaikan mesin, karena mereka mengoperasikan hanggar mereka sendiri dan memiliki kapasitas perawatan, perbaikan, dan perbaikan (MRO).
Karena LCC tidak memiliki sumber daya ini dan harus mengalihdayakan perbaikan besar, pilihan MRO domestik tetap terbatas, dengan hanya Korean Air dan Korea Aviation Engineering & Maintenance Service yang menawarkan layanan tersebut.
CEO Jeju Air, Kim E-bae, mengakui situasi ini dalam konferensi pers baru-baru ini, dengan menyatakan bahwa perusahaan melakukan beberapa perbaikan secara lokal dan mengirimkan sisanya ke penyedia layanan MRO di luar negeri.
Para ahli berpendapat bahwa mengembangkan industri MRO dalam negeri yang kuat sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pemeliharaan LCC.
Pasar MRO penerbangan global diproyeksikan tumbuh menjadi $124,1 miliar pada tahun 2034, tetapi kemajuan Korea dalam mengembangkan industri ini berjalan lambat.
Pada Agustus 2021, kementerian transportasi mengumumkan rencana untuk memperkuat daya saing industri MRO penerbangan domestik, yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa perawatan lokal menjadi 70 persen pada tahun 2024.
Namun, baru pada bulan April tahun lalu pemerintah mengadakan upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan Kompleks Penerbangan Lanjutan Bandara Incheon, sebuah klaster MRO khusus.
“Sebagian besar LCC mengandalkan spesialis luar negeri untuk perbaikan besar, yang dapat menyebabkan masalah biaya dan efisiensi,” kata orang dalam industri penerbangan, yang tidak ingin disebutkan namanya.
“Meningkatkan kualitas perawatan sangat penting untuk keselamatan penerbangan, dan dukungan dari pemerintah sangat penting untuk mengatasi masalah ini.”