Berkat Desa Sejahtera Astra, PP Minhajut Thullab Dorong Perekonomian Warga

Pelaku usaha binaan Kampung Berseri Astra
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Selain berperan sebagai wadah pengetahuan keagamaan bagi orang-orang yang menimba ilmu, Pondok Pesantren (PP) tentunya juga turut andil dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan sekitar. Seperti yang dilakukan PP Minhajut Thullab yang berada di Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Tiba di Bandara Banyuwangi, Presiden Jokowi Disambut Hadrah

Dengan melihat potensi alam yang ada, PP Mihajut Thullab berupaya untuk terus melakukan inovasi demi mendorong perekonomian warga. Salah satunya yaitu melalui pemberdayaan produk olahan hasil pertanian, peternakan dan perikanan. 

Pengurus Bank Wakaf Mikro (BWM) Minhajut Thullab, KH. Ahmali Siddiq mengungkap program awal pemberdayaan warga ini bermula berkat dukungan PT Astra International Tbk yang berkolaborasi dengan PT Astra Sedaya Finance, bagian dari Divisi Astra Financial, sebagai donatur BWM Minhajut Thullab. 

Jalur Gumitir Banyuwangi-Jember Kini Aman Dilewati Seluruh Jenis Kendaraan

“Kita ini di 2018 dapat program pemerintah yaitu Bank Wakaf Mikro, kebetulan donatur utamanya kita dari Astra,” kata sosok yang kerap disapa Gus Ahmali kepada banyuwangi.viva.co.id, Jumat, 20 Oktober 2023.

Dari situ, lanjut Ahmali, PP Minhajut Thullab ini kemudian mendapatkan pendampingan dari PT Astra untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar pesantren. 

Mengenal Malam Lailatul Qadar, Seperti ini Cara Mengenalinya

“Bank Wakaf Mikro ini kemudian dipadukan dengan program Desa Berseri Astra (DSA) mulai awal tahun 2019,” jelas Ahmali.

Menurutnya, melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) ini banyak masyarakat di lingkungan sekitar yang tergerak untuk melakukan usaha dari hasil pertanian, peternakan dan perikanan. 

Halaman Selanjutnya
img_title