Sampah Lingkungan Sekitar Diubah Jadi Rupiah, Begini Caranya

Anak - Anak turut serta memanfaatkan sampah menjadi barang bermanfaat
Sumber :
  • Dok. Darius/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Problem terkait sampah menjadi problem yang seolah tidak mungkin terpecahkan. Namun jika kita sedikit peduli, sampah di sekitar kita bisa diubah menjadi rupiah.

Pemuda Banyuwangi Gelar Pameran Industri Kreatif Lewat Pasar Tenan

Seperti yang dilakukan Darius Irenius yang memanfaatkan sampah sekitar yang semula tidak berguna menjadi kerajinan yang cukup menarik.

Warga Desa Litamali Kecamatan Kobalima Kabupten Malaka Nusa Tenggara Timur tersebut mampu mendapatkan rupiah dari olahan sampah yang bagi sebagian besar orang tidak berguna.

Tumpukan Sampah di Mimbo Terlambat Diangkut Petugas, Warga: Bikin Pusing Kepala

"Jadi ide ini muncul sejak 2018. Sebenarnya sejak kecil sudah mulai melukis. Sedangkan ide tentang sampah ini muncul di 2018," kata Darius.

Darius menjelaskan, untuk menghasilkan sebuah kreasi seni menarik tidak hanya dibutuhkan sampah jenis tertentu saja namun semua jenis bisa diolah menjadi hal yang bernilai seni.

Proyek STOP Sukses Buka Layanan Persampahan untuk Masyarakat Banyuwangi

"Inovasi yang saya buat itu adalah yang pertama mendaur ulang sampah, baik sampah organik maupun sampah non organik menjadi hasil karya berupa lukisan," ujar Darius pada Banyuwangi.viva.co.id.

Anak - Anak turut serta memanfaatkan sampah menjadi barang bermanfaat

Photo :
  • Dok. Darius/VIVA Banyuwangi
Halaman Selanjutnya
img_title