Potensi Pertanian Berbasis Lebah Madu. Begini Caranya

Wilujeng Prawitasari dan Teguh Waluyo
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Banyumas, VIVA Banyuwangi – Bagi sebagian orang, lebah bisa saja menjadi binatang yang sangat menakutkan jika tersengat. Namun siapa sangka, lebah lebih justru memiliki sejuta manfaat jika kita tahu cara budidayanya.

Puluhan Ribu Kendaraan Roda Dua Pemudik Padati Pelabuhan Gilimanuk

Dengan memiliki sengat pada ekornya, tidak semua orang berani mendekati binatang yang satu ini jika tidak ingin bagian tubuh akan lebam jika tersengat lebah terutama pemilik kulit sensitif alergi.

Namun ditangan dingin Teguh Waluyo, mahluk yang satu ini justru menjadi daya tarik tersendiri karena sejuta manfaat yang bisa didapatkankanya. Malahan manfaat rupiah juga bisa diraup dalam kesempatan yang sama.

Penipuan Dengan Modus Umroh dan Haji Plus Kembali Menelan Korban, Pelaku Diduga Oknum Guru

Warga Desa Damarkradenan Kecamatanan Ajibarang Banyumas Jawa Tengah tersebut menggandeng petani lokal untuk kemitraan dan pemberdayaan atas hasil panen petani.

"Yang paling banyak dikenal orang, hasil dari lebah adalah madu dan propolis. Padahal masih ada bee polen, koloni dan kotak lebah. Dan itu semua bisa diambil manfaatnya," ujar Teguh Waluyo.

Berikut Data Laporan KPPS Meninggal Dunia Terbaru, ini Lokasi Terbesarnya

Rumah lebah madu

Photo :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Teguh menjelaskan, untuk budidaya lebah tidak sesulit yang dibayangkan orang awam namun sangat mudah untuk dilakukan karena melimpahnya pakan alami di sekitar lingkungan kita sendiri.

Halaman Selanjutnya
img_title