Stop! 5 Trik Ampuh Agar Tidak Menunda-Nunda Lagi, Tugas Selesai, Hidup Tenang!
- Freepik: upklyak
Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi – Siapa yang sering menunda-nunda pekerjaan atau tugas? Ngaku! Prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Kita seringkali males mengerjakan tugas yang sulit, membosankan, atau gak kita sukai, dan lebih memilih untuk melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan, seperti scrolling media sosial, nonton film, atau rebahan.
Prokrastinasi itu gak baik, lho. Menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan semakin menumpuk, membuat kita semakin stres, dan akhirnya membuat kita gak produktif. Selain itu, prokrastinasi juga bisa membuat kita merasa bersalah, menyesal, dan gak puas dengan diri sendiri.
Berikut Banyuwangi.viva.co.id rangkum 5 trik ampuh agar tidak prokrastinasi lagi. Siap-siap jadi lebih rajin, lebih produktif, dan say goodbye pada tugas yang menumpuk!
1. Pecah Tugas Besar Menjadi Tugas-Tugas Kecil:
Tugas yang besar dan complicated seringkali membuat kita overwhelmed dan males duluan sebelum mengerjakannya. Cobalah untuk memecah tugas besar tersebut menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah dikerjakan dan lebih manageable. Fokus pada satu tugas kecil pada satu waktu, dan rayakan setiap pencapaian kecilmu. Ini akan membuatmu merasa lebih termotivasi dan gak mudah menyerah.
2. Buat To-Do List dan Prioritaskan:
Membuat to-do list (daftar tugas) adalah cara yang efektif untuk mengatur pekerjaanmu dan memastikan gak ada yang terlewat. Setelah membuat to-do list, prioritaskan tugas-tugas yang paling penting dan mendesak. Kerjakan tugas-tugas yang paling penting terlebih dahulu, baru kemudian kerjakan tugas-tugas yang kurang penting. Kamu bisa menggunakan metode Eisenhower Matrix (penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak, tidak penting-tidak mendesak) untuk membantumu menentukan prioritas.1
3. Tentukan Deadline yang Realistis:
Deadline atau tenggat waktu bisa menjadi motivasi yang kuat untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentukan deadline yang realistis untuk setiap tugas, dan usahakan untuk menyelesaikannya sebelum deadline. Jangan membuat deadline yang terlalu mepet, karena bisa membuatmu stres dan gak fokus.
4. Hilangkan Distraksi:
Identifikasi apa saja yang sering mengganggumu saat bekerja, seperti notifikasi HP, media sosial, email, atau obrolan teman kerja. Matikan notifikasi yang gak perlu, jauhkan HP-mu, dan fokuslah pada pekerjaanmu. Jika perlu, gunakan aplikasi website blocker untuk memblokir situs-situs yang sering mengganggumu.
5. Beri Reward (Hadiah) untuk Diri Sendiri:
Setelah berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai target tertentu, jangan lupa untuk memberi reward (hadiah) untuk diri sendiri. Reward ini gak harus mahal atau ribet, cukup dengan hal-hal sederhana yang kamu sukai, seperti menonton film, makan makanan kesukaanmu, membeli barang yang sudah lama kamu inginkan, atau sekadar istirahat sejenak. Reward ini bisa menjadi motivasi tambahan untukmu agar terus produktif dan gak menunda-nunda pekerjaan.
Itulah 5 trik ampuh agar tidak prokrastinasi lagi. Ingat, mengalahkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan itu butuh usaha, disiplin, dan konsistensi. Jangan menyerah kalau kamu gak langsung berhasil. Teruslah mencoba dan jadikan tips-tips di atas sebagai kebiasaan barumu. Selamat mencoba dan semoga kamu semakin produktif dan gak lagi jadi procrastinator!