Sirkuit Baru Ujian Praktik SIM Mulai Diberlakukan, 1 dari 5 Pengendara Gagal

Pemohon menjalani ujian praktik SIM
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyuwangi resmi memberlakukan lintasan baru ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Senin (07/08/2023). 

Polresta Banyuwangi Mutasi 9 Kapolsek, Ini Daftarnya

Penggunaan pertama sirkuit baru yang tak lagi menggunakan lintasan angka 8 tersebut ditinjau langsung oleh Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Randy Asdar. 

5 pemohon SIM yang terdiri dari 3 laki-laki dan perempuan secara bergiliran menjajal trek letter S yang disebut kini lebih lebar dibandingkan sistem sebelumnya. 

Kemen PPPA Atensi Kasus Pemerkosaan di Pulau Merah Banyuwangi

"Sirkuit mini ini untuk melaksanakan Ujian praktik SIM, dengan lebar yang sebelumnya 1,5 kali kendaraan, sekarang 2,5 kali kendaraan, lebih kurang 2 meter," terang Randy. 

Meski memiliki sirkuit baru, Randy menegaskan bahwa perubahan tersebut tak mengurangi kualitas dari peserta yang diuji. 

Rakor Operasi Ketupat Semeru, Bupati Ipuk: Mari Ciptakan Susana Mudik yang Aman dan Menyenangkan

Pemohon akan diuji soal pengereman, keseimbangan melewati letter S serta pengereman reaksi untuk melihat ketepatan pengendara berhenti atau menghindar ketika dihadapkan dengan situasi darurat. 

Dari 5 pemohon yang mengikuti ujian tersebut, 1 di antaranya harus mengulang lantaran gagal karena dianggap belum menemukan posisi nyaman dalam keselamatan berkendara. 

Halaman Selanjutnya
img_title