Peringati Maulid Nabi, Masjid Sraten "Panen" 13 Ribu Telur

Arak-arakan endog-endogan masyarakat Sraten
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat Desa Sraten, Kecamatan Cluring mengumpulkan total 13 ribu telur secara sukarela di Masjid Baitussalam yang berada di wilayah setempat. 

Masyarakat Banyuwangi Nikmati Program Hapus Tato Gratis dari Polisi

Sesuai tradisi yang lama dianut masyarakat Banyuwangi, warga mengumpulkan endog-endogan atau telur yang telah dihias dan dikemas dengan cantik. 

Selanjutnya, telur-telur tersebut diarak menggunakan becak, mobil bak terbuka hingga truk untuk dikumpulkan ke masjid, yang kemudian akan kembali dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

Informasi Penting Untuk Orang Tua yang Anaknya Baru Belajar Naik Motor

"Total ada 13500 biji telur," terang salah satu warga Yuli kepada banyuwangi.viva.co.id.

Dari jumlah tersebut, panitia akan membagi kembali ke masyarakat, masing-masing warga mendapatkan 10 biji telur, sementara anak-anak di bawah usia 5 tahun memperoleh 5 biji telur. 

Bupati Imbau UMKM di Banyuwangi Konsisten Jaga Kehalalan Produk

Yuli menambahkan, jumlah yang diperoleh mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 1 orang bisa mendapatkan 15 biji telur. 

Namun meski begitu warga tetap merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan suka cita karena tahu bahwa sebagian telur yang ada akan disumbangkan masjid kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title