Kualitas Produk Tinggi, Ikan Kaleng Banyuwangi Tembus Pasar Jerman

Seremonial pelepasan ekspor ikan kaleng ke Jerman
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melepas ekspor produk ikan sarden dan tuna dalam kaleng hasil produksi Pasific Harvest Banyuwangi ke Jerman pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Festival Memancing jadi Kiat Banyuwangi Perangi Ilegal Fishing dan Bom Ikan

Pelepasan ekspor produk sarden dan tuna kaleng dari CV Pasific Harvest itu merupakan kali pertama industri pengalengan ikan di Banyuwangi memasuki pasar Jerman, dengan nilai kontrak mencapai 2,2 juta US Dollar.

Menperin Republik Indonesia (RI), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kesuksesan industri pengalengan ikan di Banyuwangi menembus pasar Jerman menandakan jika ikan kaleng Banyuwangi mempunyai kualitas produk yang tinggi.

Jumlah Pengguna Sepeda Listrik Meningkat, Polres Bireuen Keluarkan Himbauan

Menperin lakukan pengecekan kontainer

Photo :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

“Dengan masuknya sarden Banyuwangi ke pasar Jerman, menandakan kualitas produk Banyuwangi ini sangat tinggi,” ucap Agus saat ditemui banyuwangi.viva.co.id, Kamis, 19 Oktober 2023.

KPU Banyuwangi Minta Yusuf - Zainuri Pahami Aturan Pencalonan Bupati Independen

Pasalnya, Agus menilai Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang sulit untuk menerima barang impor, terutama untuk produk makanan. Oleh karena itu, ia mengapresiasi pencapaian ekspor industri pengalengan ikan di Banyuwangi karena dapat menghasilkan produk dengan standar internasional.

“Ini berarti semuanya sudah melewati prosedur sesuai dengan standar kualitas mereka (Jerman). Semoga ke depannya banyak negara Eropa yang mengikuti,” kata Menperin RI itu.

Halaman Selanjutnya
img_title