Pelabuhan Ketapang jadi Daerah Atensi Khusus untuk Nataru, Kakorlantas Polri Cek Kesiapan

Kakorlantas Polri bersama GM ASDP Ketapang-Gilimanuk
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama jajaran mengunjungi Pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk meninjau kesiapan jelang momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. 

Terlibat Pengamanan WWF, Pokmaswas Pesona Bahari Jaga 5 Jalur Perairan Alternatif Banyuwangi

Pelabuhan Ketapang merupakan satu bagian dari 3 titik yang menjadi fokus utama Korlantas Polri untuk memecah kemacetan yang sering terjadi saat libur Nataru. 

Selain Pelabuhan Ketapang, Korlantas Polri telah melakukan survei kesiapan Nataru di beberapa wilayah, yaitu survei pertama meliputi Jakarta ke arah timur hingga ke Jawa Timur, yang terkonsentrasi ke daerah-daerah wisata, di antaranya Malang. Sementara untuk survei kedua adalah ke arah Pelabuhan Merak, Banten. 

Polresta Banyuwangi Gelar Tactical Floor Game untuk Mantapkan Pengamanan WWF

Dari 2 survei tersebut, pihaknya melakukan pelaporan ke pihak-pihak terkait, untuk selanjutnya berkomunikasi Kementerian Perhubungan RI serta mendapatkan arahan dari DPR RI terkait kesiapan libur Nataru. 

“Dengan masukan dari bapak-bapak di Komisi V DPR RI, kami survei ke-3, menuju daerah khusus (Pelabuhan) Ketapang,” terang Firman kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Sambut WWF, Polda Jatim Siapkan Pengamanan Ketat

Pelabuhan Ketapang dipilih karena pihaknya melihat data yang disodorkan Kemenhub RI bahwa nantinya pergerakan masyarakat masih didominasi kendaraan melalui jalur darat. 

Selain itu, dengan status kesehatan sudah mulai serta tak lagi terikat aturan pandemi Covid-19, terjadi peningkatan wisatawan ke destinasi-destinasi wisata di Pulau Dewata.

Halaman Selanjutnya
img_title