Bertemu PWI, PJ Bupati Lumajang Inginkan UMKM Bisa Berdaya Saing Tinggi

Pj Bupati Lumajang saat berbincang dengan Pengurus PWI
Sumber :
  • Achmad Fuad Afdlol/viva banyuwangi

Lumajang, VIVA BanyuwangiPJ Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, berkeinginan membuat UMKM di Kabupaten Lumajang lebih maju lagi dan berdaya saing tinggi. Hal ini disampaikannya saat menerima audiensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Kabupaten Lumajang di gazebo Pendopo Arya wiraraja Lumajang.

PWI Peduli Warga Korban Banjir, Bersama Kemenag

Menurut Indah Wahyuni, UMKM di Kabupaten Lumajang ini masih membutuhkan dukungan secara penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, khususnya dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang.

“Karena pada dinas tersebut, yang membidangi dan membawahi, menaungi, membina para UMKM yang ada di Kabupaten Lumajang,” kata Indra Wahyuni kepada Banyuwangi.viva.co.id, Jumat, 24 November 2023.

Antisipasi Banjir Susulan, TNI-Polri dan Masyarakat Pasang Bronjong di Sungai Kali Asem

Dirinya juga berkeinginan ada semacam bapak angkat, dari masing-masing cluster produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Lumajang, semisal keripik pisang, jika ada kebutuhan permintaan pasar dalam jumlah besar, maka itu harus terpenuhi sesuai dengan permintaannya.

“Dan untuk memenuhi hal tersebut, haruslah ada semacam bapak angkat dari cluster keripik pisang itu sendiri, selain keripik pisang ada pula yang lain, mungkin cluster souvenir bamboo, ataupun cluster-cluster kopi, yang targetnya pemenuhan pasar ekspor bisa terpenuhi,” paparnya lagi.

Himbauan Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Lumajang Bagikan Brosur

Jika mereka bisa berkolaborasi antar pelaku UMKM di Kabupaten Lumajang, hal ini juga akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan dari masing-masing pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Lumajang sendiri.

Selain itu juga pelaku UMKM, diharapkan bisa memenuhi standarisasi mulai dari perizinan halal, merek, PIRT, BPOM atau perizinan yang lain-lainnya, agar produk mereka bisa diterima pasar lokal, regional, nasional bahkan internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title