KIP Bireuen Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Suasana Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024
Sumber :
  • Istimewa / VIVA Bayuwangi

Bireuen, VIVA Banyuwangi – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum 2024 yang digelar pada Selasa 30 Januari 2024 di halaman Kantor KIP setempat.

Santunan Petugas Pemilu, PJ Gubernur Jatim Minta Tak Perlu Simbolis

Simulasi itu dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan ketua partai politik peseta Pemilu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan wartawan.

Ketua Divisi Teknis KIP Kabupaten Bireuen, Safrizal, S.Pd mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan untuk pemantapan proses pemungutan dan perhitungan suara sesuai intruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Banyak Kejadian Khusus, Puluhan TPS di Jember Hitung Ulang

"Kami terus mematangkan persiapan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Bireuen, baik proses pemungutan dan perhitungan suara, logistik maupun kapasitas penyelenggera sampai ke tingkat desa," sebut Safrizal.

Safrizal mengaku, pihaknya membutuhkan dukungan dari unsur Forkopimda, Panwaslih dan TNI/Polri untuk mewujutkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan sukses di Kabupaten Bireuen.

Suara Partai Tergerus, Suara Caleg Partai Gerindra Banyuwangi Bertambah, Kecurangan?

“Pada Pemilu kali ini, ada 1.361 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 315.996,” tambah Safrizal.

Kata Safrizal, KIP Kabupaten Bireuen melibatkan 9.527 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di seluruh TPS dalam Kabupaten Bireuen.

Halaman Selanjutnya
img_title