Bencana Hidro Meteorologi Ancam Kabupaten Bondowoso Hingga Akhir Maret

Bencana pohon tumbang harus diwaspadai
Sumber :
  • Istimewa / VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA BanyuwangiCuaca buruk yang menimbulkan beragam bencana masih mengancam warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur hingga akhir Bulan Maret 2024. Hal tersebut didasarkan peringatan dini yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi (BMKG) terkait waspada cuaca ekstrim yang akan melanda hingga akhir Bulan Maret 2024.

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, sedikitnya ada dua peristiwa menonjol akibat bencana alam dalam 2 pekan terakhir.

Musibah tanah longsor dan banjir sempat melanda warga di Kecamatan Kota, Curahdami dan Tenggarang serta beberapa kecamatan lainya di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Dihantam Gelombang Pasang, Dua Perahu Nelayan Terbalik di Banyuwangi

Peristiwa pohon tumbang saat guyuran hujan deras mengguyur atau akibat hembusan angin kencang juga terjadi dalam 2 pekan terakhir.

“Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, cuaca ekstrim akan terjadi diperkirakan hingga akhir Maret,” ujar Kalaksa BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Bondowoso, Yuliono Triandana

Pohon Tumbang di Jalur Pantura Situbondo Ganggu Arus Balik Lebaran

Akibat cuaca buruk itu, beragam bencana alam terjadi dalam 2 pekan terakhir dibeberapa kecamatan di Kabupaten Bondowoso.

“Banjir, Longsor dan pohon tumbang dilaporkan terjadi dalam 2 pekan terakhir. Korban jiwa untuk sementara nihil,” tutur Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Bondowoso, Yuliono Triandana pada Jurnalis.

Halaman Selanjutnya
img_title