Program Gemarikan Dinas Perikanan dan Kelautan Cegah Stunting

Kampanye gemar ikan cegah stunting
Sumber :
  • Screenshot Sosmed/ VIVA Banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi –Dalam rangka penanganan stunting dan kerawanan pangan di Kabupaten Lumajang, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lumajang mengadakan Kegiatan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sejak Tahun 2021 lalu.

Isu Kades Grobogan Digerebek, Warga Ngeluruk Ke Kantor Kecamatan

Program Gemarikan ini, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lumajang, Agus Widiarto, disokong oleh sejumlah lokasi Balai Benih Ikan (BBI) yang berada menyebar di Kabupaten Lumajang.

"BBI kami punya 5 lokasi, di Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung, Desa Grati Kecamatan Sumbersuko, Kelurahan Citrodiwangsan Kecamatan Lumajang, Desa Kali Semut Kecamatan Padang dan di belakang kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lumajang," katanya pada Banyuwangi.viva.co.id. Selasa 2 April 2024.

Kasat Narkoba dan Kasat Binmas, Diganti Untuk Penyegaran

Dalam sejumlah kampanye Gemarikan, Agus Widiarto mengatakan, kalau sosialisasi ini terkait dengan manfaat ikan oleh Duta Gemarikan dan diselingi dengan pembagian Paket Gemarikan kepada peserta, yang berasal dari perwakilan yang hadir dari desa-desa.

"Paket Gemarikan biasanya terdiri dari ikan segar (400 kg), frozen food perikanan (600 kg), olahan kering perikanan (5 jenis per paket) dan olahan bandeng (2 jenis per paket)," paparnya.

HCCM Kabupaten Lumajang Kebut Pendampingan Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha

Dengan diselenggarakannya Kampanye Gemarikan, Agus mengharapkan masyarakat Kabupaten Lumajang selalu mengkonsumsi ikan agar Sehat, Kuat dan Cerdas.

Kegiatan Gemarikan, menurut Agus, dikarenakan besarnya kandungan gizi ikan lengkap dan juga mengandung omega 3, yang bagus untuk pertumbuhan otak, asupan gizi, mencegah berbagai macam penyakit.

Halaman Selanjutnya
img_title