Calon Jamaah Haji di Banyuwangi Meninggal Dunia Jelang Pemberangkatan

Ilustrasi jamaah haji saat di tanah suci
Sumber :
  • TV One/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Seorang calon jamaah haji bernama Ponisah berusia 85 tahun asal Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur yang tergabung dalam kloter 58 KBIHU Al Mabrur Al Multazam meninggal dunia. 

Bupati Ipuk Sapa Jamaah Haji asal Banyuwangi

“Betul, seorang calon jamaah haji meninggal dunia,” kata Kepala Kemenag Banyuwangi, Chaironi Hidayat melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Zaenal Abidin pada Banyuwangi.viva.co.id.

Namun penyebab meninggalnya calon jamaah haji tersebut hingga kini masih dalam pemeriksaan serta proses pemakaman masih berkoordinasi dengan pihak keluarga dan petugas haji.

MPU Bireuen Gelar Pendidikan Kader Ulama

Untuk diketahui, sebelumnya, Kemenag Banyuwangi mengurai bahwa terdapat 10 persen jamaah haji di Banyuwangi telah berusia lanjut sehingga memerlukan pendampingan khusus. 

Kloter pertama jamaah haji akan diberangkatkan pada 26 Mei 2024 dan dihadapkan dengan cuaca di tanah suci yang saat ini mencatatkan suhu ekstrim yaitu mencapai 50 derajat Celsius. 

Memberangkat 863 Calon Haji, Bupati Situbondo Sampaikan Pesan ini Kepada Jamaah

“Kepada para jamaah, kurangi kegiatan di luar ruangan, di luar hotel atau di luar masjid,” pesan Chaironi. 

Aktivitas di luar ruangan hanya dianjurkan untuk aktivitas yang darurat, karena selain cuaca panas, ancaman lain yang dihadapi para jamaah haji adalah penularan penyakit. 

Halaman Selanjutnya
img_title