Mahasiswa dan Akademisi Perkuat Jejaring Geopark di Banyuwangi

Mahasiswa dan Akademisi Perkuat Jejaring Geopark di Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Ratusan mahasiswa, akademisi, dan peneliti dari berbagai kampus manca dan dalam negeri kumpul di Banyuwangi, dalam International Geopark Symposium, yang digelar di Kampus Poliwangi, Senin 1 Juli 2024.

Rumah Kontrakan 28 WNA Cina Dikontrak Melalui Pihak Ketiga

Mereka membahas berbagai program untuk pengembangan dan memperkuat jejaring geopark di Indonesia dan dunia. 

Simposium ini diikuti oleh 160 perserta tidak hanya sejumlah Universitas di Indonesia, namun juga perwakilan dari Malaysia dan China.

28 WNA Cina Ilegal Ditangkap di Banyuwangi Berniat Cari Kerja

Turut hadir jaringan Geopark Indonesia, Australian Geoscience Council, serta UNESCO Geopark Youth Forum.

Dalam forum tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, memaparkan bagaimana Geopark Ijen bertransformasi, serta keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat dalam program-program hingga menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Dihadiri Bupati Ipuk, Polresta Banyuwangi Gelar Upacara Hari Bhayangkara

"Bagi Banyuwangi, Geopark Ijen merupakan taman bumi yang tak hanya memiliki keunikan bentang alam dan kekayaan budaya, namun juga didukung dengan semangat mewujudkan sustainable tourism (wisata berkelanjutan)," kata Ipuk.

Konsep pengembangan geopark Ijen menekankan upaya konservasi, dan mengajak masyarakat berperan serta melindungi dan meningkatkan fungsi potensi alam untuk pembangunan ekonomi lokal.

Halaman Selanjutnya
img_title