11 Barang yang Perlu Diamankan Saat Terjadi Gempa Megathrust: Antisipasi untuk Keselamatan Maksimal

Gempa Cianjur
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta, VIVA Banyuwangi – Indonesia berada di jalur cincin api Pasifik, yang menjadikannya salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Ancaman gempa megathrust, yang dapat memicu gempa bumi berkekuatan sangat besar dan tsunami, menjadi perhatian utama, terutama di wilayah pesisir. Dalam situasi darurat seperti ini, tindakan cepat dan tepat dapat menyelamatkan nyawa. Salah satu aspek penting adalah mengetahui barang-barang apa saja yang perlu diamankan saat terjadi gempa megathrust. Berikut ini adalah beberapa barang krusial yang harus dipersiapkan dan diamankan dalam situasi tersebut.

1. Dokumen Penting

Banyuwangi Besok: Cerah Berawan dengan Sinar Matahari Hangat, Tapi Jangan Lupa Payung!

Dokumen-dokumen penting seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, akta kelahiran, sertifikat rumah, polis asuransi, dan surat-surat berharga lainnya harus menjadi prioritas utama. Simpanlah dokumen ini di tempat yang mudah dijangkau dan aman, seperti dalam map plastik yang tahan air. Sebaiknya, dokumen ini disimpan dalam tas darurat yang selalu siap untuk dibawa ketika situasi memaksa Anda untuk segera evakuasi. Dokumen-dokumen ini penting karena akan sangat dibutuhkan setelah bencana untuk mengurus berbagai keperluan administratif.

2. Obat-obatan Pribadi

Jika Anda atau anggota keluarga memiliki kondisi kesehatan yang membutuhkan pengobatan rutin, pastikan obat-obatan ini selalu tersedia dan mudah dijangkau. Obat-obatan seperti insulin, inhaler untuk penderita asma, atau obat-obatan lain yang krusial harus disimpan dalam tas darurat. Selain itu, pastikan Anda memiliki stok obat-obatan yang cukup untuk beberapa hari ke depan. Jangan lupa untuk menyertakan salinan resep jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan penggantian obat dalam kondisi darurat.

3. Pakaian dan Selimut

Banyuwangi Bersiap! Sabtu, 14 September 2024 Cerah Berawan, Tapi Hujan Bisa Jadi Kejutan!

Pakaian dan selimut yang cukup adalah hal penting berikutnya. Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca di tempat tinggal Anda. Pastikan Anda menyertakan pakaian dalam jumlah cukup, termasuk pakaian hangat jika Anda tinggal di daerah yang dingin. Selimut atau sleeping bag juga sangat penting, terutama jika Anda harus mengungsi di tempat yang tidak memiliki fasilitas yang memadai. Pakaian dan selimut ini akan membantu menjaga suhu tubuh Anda tetap stabil selama masa darurat.

Halaman Selanjutnya
img_title