Wisata Edukasi ke Kapal Perang TNI AL, Inspirasi Generasi Muda Banyuwangi

TNI AL bersama anak-anak dari SD Lazuardi Tursina di kapal
Sumber :
  • Dok. Lanal Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air sejak usia dini, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Kopral Kepala Tata Usaha Rudy Hartono, mendampingi kunjungan edukatif siswa-siswi SD Lazuardi Tursina ke Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi II-5-40 dan KAL Sembulungan II-5-42 pada Rabu, 28 Agustus 2024.

KRI Alugoro-405: Tombak Siluman Canggih Penjaga Kedaulatan Indonesia

Kedatangan para siswa yang didampingi oleh wali kelas mereka disambut dengan hangat oleh Komandan Kapal (Dankal) Rajegwesi, Letnan Satu Laut (P) Akhdi Hidayat, dan Dankal Sembulungan, Letnan Satu Laut (P) Riyanto. Selama berada di atas kapal, para siswa diajak untuk mengenal lebih dekat dunia kemaritiman, mulai dari fungsi kapal perang, berbagai jenis persenjataan yang digunakan, hingga aktivitas sehari-hari para prajurit TNI AL.

Salah seorang guru pendamping, Vira, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai tugas pokok TNI AL dalam menjaga keamanan laut dan kedaulatan negara.

Armada Baja Nusantara: Menyelami Kekuatan Maritim TNI AL Dari Fregat hingga Kapal Selam Siluman

"Kami berharap pengalaman ini dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air pada anak-anak," ungkapnya.

Dankal Rajegwesi dan Dankal Sembulungan menyambut baik kunjungan siswa-siswi SD Lazuardi Tursina.

Memperkuat Diplomasi Maritim: TNI AL Bahas Latihan Bersama dengan Angkatan Laut Korea Selatan

"Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap laut dan menjadi generasi penerus yang tangguh dan cinta tanah air," ujar Dankal Rajegwesi.

Kunjungan ini bukan hanya sekadar wisata, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari upaya TNI AL dalam mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan akan tumbuh rasa cinta dan kebanggaan terhadap laut serta semangat untuk menjaga kedaulatan negara.

Halaman Selanjutnya
img_title