Di Desa Banyuwangi ada Rumah Produksi Furnitur dari Limbah Plastik Berkualitas Ekspor

Rumah Produksi Furnitur dari Limbah Plastik Berkualitas Ekspor
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, terdapat rumah produksi pembuatan furnitur "Batu Indah Art" dengan bahan dasar dari daur ulang limbah plastik. Rumah produksi tersebut memproduksi berbagai funitur mulai dari pot, meja, kursi, dan lainnya dengan kualitas ekspor.

Bupati Ipuk Serap Aspirasi di Rembug Disabilitas

"Ini sangat kreatif. Selain memiliki nilai ekonomi, juga turut menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. Desainnya bagus. Selain itu ringan dan kuat," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat mengunjungi rumah produksi tersebut di sela menjalani program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) di desa setempat, Selasa 3 September 2024.

Produk furnitur milik Muhammad Soleh tersebut telah beberapa kali dikirim ke luar negeri, seperti Australia dan beberapa negara di Eropa.

Ibu Rumah Tangga dari Desa di Banyuwangi, Hasilkan Omset Ratusan Juta dari Kerajinan Makrame

Ipuk sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Soleh, karena sejalan dengan program Banyuwangi yang berupaya mengurangi sampah plastik.

"Banyuwangi juga telah menggulirkan berbagai program untuk mengurangi sampah plastik," kata Ipuk.

Banyuwangi 13 September 2024: Matahari Cerah Menemani, Tapi Awas Panasnya!

"Apa yang dilakukan Mas Soleh ini bisa menjadi inspirasi bagi dunia usaha, untuk turut menjaga dan melestarikan lingkungan," tambah Ipuk.

Sementara Soleh menceritakan, mengawali usaha furniture sejak 2004 saat masih merantau di Bali.

Halaman Selanjutnya
img_title