Desa Sejahtera Astra Buat Petani Kopi Bondowoso Jadi Lebih Berdaya

Proses pemilihan biji kopi di DSA Bondowoso
Sumber :
  • Dok. LP2M Universitas Jember / VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi – Letak geografis kabupaten Bondowoso yang dikelilingi dengan pegunungan membuat potensi alam di kawasan ini cukup berlimpah, salah satunya yaitu kopi.

Edarkan Pil Koplo, 2 Pemuda Ditangkap Satnarkoba Polres Bondowoso

Seperti yang diketahui, Bondowoso terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik dari Jawa Timur. Oleh karenanya, tak heran jika komoditas kopi di wilayah ini berlimpah hingga membuat harga jualnya menjadi rendah.

Berdasarkan analisis itulah, Desa Sejahtera Astra (DSA) hadir untuk berusaha mengubah perekonomian warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani kopi. Khususnya yang berada di kecamatan Sumberwingin, kabupaten Bondowoso.

Suka Jalin Silaturahmi, Bakal Dirindukan Surga

“Hadirnya DSA Bondowoso memiliki irisan tebal dalam merealisasikan mimpi-mimpi para petani kopi yang belum terwujud,” kata Ali Badrudin, ketua pelaksana DSA Bondowoso kepada Banyuwangi.viva.co.id pada Minggu, 5 November 2023.

Program Desa Sejahtera Astra ini, lanjut Ali, berawal dari kerjasama Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dengan Astra. Tujuannya, untuk melakukan pendampingan dari hulu ke hilir serta penguatan kelembagaan untuk para petani kopi di Bondowoso.

KPU Bondowoso Agendakan Sidang Etik PPS Padasan

LP2M Unej bersama Astra kembangkan potensi DSA di Bondowoso

Photo :
  • Dok. LP2M Universitas Jember / VIVA Banyuwangi

Sementara untuk pelaksanaan program pendampingan, Ali bercerita awalnya dimulai dengan melakukan diskusi bersama masyarakat petani kopi dan pemangku kebijakan lokal untuk menemukan permasalahan yang dihadapi oleh petani kopi di kawasan lereng gunung Raung dan Ijen ini.

Halaman Selanjutnya
img_title