Gorengan Renyah Anti Lengket: Tips Jitu Menggoreng Makanan di Wajan

Ilustrasi Menggoreng Telur
Sumber :
  • Pexels: Klaus Nielsen

Gaya Hidup, VIVA Banyuwangi – Menggoreng adalah salah satu teknik memasak yang paling populer di Indonesia. Siapa yang bisa menolak renyahnya gorengan tahu, tempe, atau ayam goreng yang gurih? Namun, mendapatkan hasil gorengan yang sempurna tidaklah selalu mudah. Makanan yang lengket di wajan bisa menjadi mimpi buruk bagi setiap juru masak, mengakibatkan makanan hancur, gosong, dan tentu saja, kurang menggiurkan.

Hilangkan Amis, Nikmati Lezatnya Ikan: Trik Jitu Mengatasi Bau Amis pada Ikan

Kabar baiknya, dengan teknik dan tips yang tepat, Anda bisa menghindari bencana lengket di wajan dan menghasilkan gorengan yang renyah, cantik, dan menggugah selera. Berikut adalah panduan lengkap menggoreng makanan agar tidak lengket di wajan:

1. Persiapan Wajan yang Matang

Jenis Wajan: Pilih wajan yang tepat untuk menggoreng. Wajan anti lengket memang menjadi pilihan populer, namun wajan besi atau stainless steel juga bisa digunakan dengan teknik yang benar.

Menggoda Selera, Membakar Lidah: Tips Meracik Sambal yang Pedas dan Nikmat

Kondisi Wajan: Pastikan wajan bersih dan kering sebelum digunakan. Sisa makanan atau air yang menempel di wajan dapat menyebabkan makanan lengket.

Panaskan Wajan: Panaskan wajan dengan api sedang sebelum menambahkan minyak. Wajan yang panas akan membantu membentuk lapisan pelindung pada permukaan wajan dan mencegah makanan lengket.

2. Minyak Goreng yang Cukup dan Panas

Halaman Selanjutnya
img_title
Basmi Dahaga, Segarkan Harimu: 10 Resep Minuman Segar untuk Cuaca Panas