Soal "Sunat" Dana Desa Sidowangi, Kejari Banyuwangi: Sudah Dikembalikan

Perwakilan massa menunjukkan salinan SKB 3 Menteri
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Warga Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo menggelar demonstrasi di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi menuntut kelanjutan kasus dugaan penggelapan dana desa dan alokasi dana desa (DD/ADD) pada Kamis (27/07/2023). 

Direksi Mangkir Tiga Kali Panggilan, Kejari Bondowoso Lakukan Penyelidikan Kembali Korupsi PT Bongem

Massa yang menamakan diri mereka sebagai Gerakan Masyarakat Sidowangi (GEMAS) meminta Kejari Banyuwangi segera memproses hukum Kepala Desa (Kades) Muansin karena diduga telah merugikan negara sebesar Rp 180 juta. 

Menjawab hal tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Banyuwangi Rizky Septa Kurniadi mengatakan pihaknya telah melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) dengan memanggil beberapa pihak terkait secara bertahap. 

DD 26 Desa Belum Cair, Ini Penjelasan DPMD Bondowoso

"Kita mengambil kesimpulan bahwa dalam SKB (Surat Keputusan Bersama) 3 menteri itu jikalau ada aduan masyarakat terkait dengan tindak pidana korupsi desa itu kita menyerahkannya ke APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah), dalam hal ini Inspektorat untuk menghitung kerugian," urainya pada Kamis (27/07/2023). 

Masyarakat Sidowangi demo di depan Kejari Banyuwangi

Photo :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi
Rp 1,05 Miliar Digelontorkan untuk BLT Buruh Rokok dan Petani Tembakau

APIP disebutnya sebagai pihak yang menjadi penghitung besaran kerugian negara dari suatu kasus bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Dari penelusuran pihak-pihak tersebut kemudian ditemukan kerugian negara dari kasus Kades Sidowangi adalah lebih dari Rp 182 juta.

Halaman Selanjutnya
img_title