Cegah Rabies, Disperta Banyuwangi Siap Suntikkan 1200 Dosis Vaksin

Anjing hendak divaksin rabies
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi – Memperingati Rabies World Day yang jatuh setiap tanggal 28 September, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperta) Kabupaten Banyuwangi menggelar program Gerakan Obat Cacing Anjing Kucing Terpadu (Go Cat). 

Jangkitan Chikungunya Meluas, Masyarakat Banyuwangi Diminta Waspada

Selain pemberian obat cacing, hewan yang telah didaftarkan oleh pemiliknya melalui aplikasi smart kampung juga dapat memperoleh vitamin dan vaksinasi untuk mencegah penyakit rabies atau anjing gila yang tengah marak dan menjadi perhatian nasional. 

"Banyuwangi sebagai pintu masuk dari wilayah timur, yang notabene di Bali dan NTT masih (ada kasus) rabies," terang Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Nanang Sugiharto kepada banyuwangi.viva.co.id.

Banyuwangi KLB Chikungunya, Belasan Orang jadi Suspek

Secara serentak, sebanyak 400 hewan pembawa rabies (HPR) di antaranya anjing, kucing, kera dan musang disebutnya mendapatkan vaksinasi di RSH Banyuwangi dan 5 titik puskesmas hewan (puskeswan) yaitu di Kecamatan Gambiran, Purwoharjo, Muncar, Genteng dan Rogojampi pada Rabu, 27 September 2023.

Jika dirinci, total terdapat 300 hewan terdaftar di RSH yaitu 284 kucing dan 16 anjing, sementara di 5 puskeswan tersebut terdapat total 100 pendaftar dengan rincian 12 anjing dan 88 kucing. 

Banyuwangi Bakal Batasi Jumlah Pengantar Pasien di Rumah Sakit

Kucing saat mendapatkan vaksin rabies

Photo :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

"Tahun ini kita sedia 1200 dosis," ujar Nanang. 

Halaman Selanjutnya
img_title