Kunjungi Pabrik Pengalengan Ikan di Banyuwangi, Menperin: 70% Bahan Baku dari Dalam Negeri

Menperin mengunjungi pabrik pengalengan ikan di Muncar, Banyuwangi
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan ke salah satu pabrik pengalengan ikan di Banyuwangi, CV Pasific Harvest, pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Jalan Sehat 02 di Banyuwangi, Menperin Singgung Manfaat Joget Gemoy

Dalam kunjungan ke pabrik pengalengan ikan di wilayah Kecamatan Muncar itu, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah, Direktur Jenderal Industri Agro, Putu Juli Andika, beserta sejumlah jajaran eselon I Kementerian Perindustrian.

Melalui sambutannya, Agus menyebut ada beberapa isu dari industri pengalengan ikan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya yaitu mengenai dukungan bahan baku dari dalam negeri.

Gandeng Industri, Universitas Jember Kembangkan Bioteknologi

“Untuk meningkatkan produksi, salah satunya yaitu dengan meningkatkan nilai ekspor dengan catatan ketersediaan dari bahan baku,” ujar Agus saat ditemui banyuwangi.viva.co.id, Kamis, 19 Oktober 2023.

Menurut Agus, ketersediaan bahan baku untuk industri pengalengan ikan belum bisa sepenuhnya berasal dari wilayah di Indonesia. Sehingga untuk memenuhi target produksi, sejumlah pelaku usaha harus mengimpor bahan baku dari luar.

Festival Memancing jadi Kiat Banyuwangi Perangi Ilegal Fishing dan Bom Ikan

“Saat ini 70% bahan bakunya sudah berasal dari dalam negeri,” lanjut Agus.

Permasalah ini, tambah Agus, tidak sepenuhnya akibat kurangnya sumber-sumber ikan hasil tangkapan dari nelayan di Indonesia. Namun, hal ini berkaitan dengan jumlah produksi yang besar untuk memenuhi target ekspor dari tiap perusahaan itu.

Halaman Selanjutnya
img_title