Michael Edy Dorong Penguatan Sektor Pertanian untuk Pangkas Angka Pengangguran

Michael Edy
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk menguatkan sektor pertanian serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengatasi persoalan pengangguran. 

Dispensasi Nikah di Jember Ribuan, Faktor Ekonomi Tertinggi dan Kecelakaan Terendah

Sekedar diketahui, pada tahun 2023, terdapat total lebih dari 49 ribu pengangguran di Banyuwangi, yang mana jumlah tersebut tergolong sebagai angka yang tinggi. 

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi tersebut tak memungkiri tingginya jumlah pengangguran akibat pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada ekonomi nasional, namun demikian penguatan sektor UMKM dan pertanian disebutnya menjadi opsi solusi yang dapat diambil pemerintah. 

Karapan Kerbau, Tradisi Petani Lumajang Usai Panen Raya dan Jelang Musim Tanam

"Khususnya petani, kalau kebijakan untuk petani berjalan dengan baik, terjaga dan bagus, perekonomian tidak bergantung apapun," paparnya kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Ia mengurai, apabila para petani sukses dan memiliki uang berlebih, petani akan membelanjakan penghasilannya ke berbagai sektor, yang tentunya berpengaruh pada penghasilan dan perputaran keuangan, baik di toko kecil maupun besar. 

RKM Bagikan Kupon 3S, Buat Pelaku UMKM Gembira

Sehingga demikian, pemerintah disebutnya harus memberi perhatian khusus kepada sektor pertanian yang disebutnya cukup berpengaruh untuk ekonomi daerah. 

"Sayangnya pertanian itu kan tidak ada yang memikirkan. Pemerintah tidak tepat sasaran dalam mengambil kebijakan untuk petani," tandasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title