Minimalisir Kecelakaan, Gubernur Jatim Resmikan Palang Pintu KA di Banyuwangi

Gubernur Khofifah resmikan pintu perlintasan kereta api di Gumirih
Sumber :
  • Litalia Putri/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan pengoperasian palang pintu perlintasan kereta api (KA) sebidang di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu, 16 Desember 2023.

Bupati Ipuk: Kami Siapkan Instrumen Pendidikan Agama Dari PAUD Hingga Universitas

Khofifah mengatakan, upaya pembangunan palang pintu perlintasan KA sebidang yang melewati jalur provinsi dilaksanakan dalam rangka memberikan perlindungan serta keselamatan nyawa bagi masyarakat maupun pengguna jalan.

“Ini merupakan akuntabilitas kita dalam rangka dalam rangka memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan bagi setiap nyawa masyarakat, yang mana di setiap bagiannya bisa dilakukan oleh siapa saja, dari elemen mana saja, dan di level mana saja,” ujar Khofifah kepada Banyuwangi.viva.co.id pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Diserahkan Mendagri, Presiden Jokowi Beri Penghargaan ke Bupati Banyuwangi

Dengan kata lain, peresmian palang pintu KA di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 79 ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga keamanan lalu lintas serta sebagai pemenuhan keselamatan bagi pengguna jalan.

Lebih lanjut, Khofifah menekankan, masyarakat maupun pengguna jalan dihimbau untuk tetap waspada. Sebab, belum semua titik perlintasan KA sebidang di wilayah Jawa Timur telah dilengkapi dengan palang pintu dan pos jaga.

Berkinerja Terbaik Nasional, Bupati Ipuk akan Terima Penghargaan Presiden

“Belum semuanya (perlintasan KA) itu punya palang pintu perlintasan dan penjaga pos. Jadi masih dibutuhkan relawan untuk memberikan sinyal kedatangan kereta kepada masyarakat ataupun pengguna jalan,” tambahnya.

Perempuan yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur ini juga menyebut, terdapat 22 lintasan sebidang yang melewati jalur provinsi. Sehingga, pembangunan palang pintu dan pos jaga di wilayah tersebut menjadi wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Halaman Selanjutnya
img_title