Temui Petani Lokal Banyuwangi, Cak Imin Janjikan Sistem Contract Farming

Cak Imin menanam padi bersama petani
Sumber :
  • Litalia Putri Cahyani/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, menjanjikan sistem Contract Farming kepada petani lokal saat kampanye mengunjungi petani di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.

PKB Beri Rekom untuk Pilkada Banyuwangi, Gus Makki: Siap jadi Anak Baik

"Jadi, sebelum panen pun petaninya sudah tahu. Produksinya, berasnya, sudah ada yang beli dan harganya sesuai dengan kesepakatan. Bukan pemaksaan," ujar Muhaimin kepada Banyuwangi.viva.co.id, Kamis, 28 Desember 2023.

Sosok yang akrab disapa Cak Imin ini menjelaskan, Contract Farming adalah sistem untuk membeli langsung hasil pertanian dari petani lokal di seluruh Indonesia.

Sugirah Daftar Bacabup Banyuwangi ke PKB, Belum Izin ke Petahana?

"Lewat sistem ini, tugas pemerintah yaitu menyangga harga agar terus menguntungkan petani," tuturnya di hadapan para petani.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengungkap, dirinya bersama Anies Baswedan akan menjadikan permasalahan petani sebagai skala prioritas.

Gus Makki Percaya Diri Bakal Dipilih PKB untuk Maju ke Pilkada Banyuwangi

"Contract Farming ini, dalam satu kesatuan yang disebut desain pangan nasional," gagas Cak Imin.

Pasangan capres Anies Baswedan ini mengatakan, nantinya produksi pangan nasional akan terjaga karena melibatkan sektor pertanian dan peternakan dari masyarakat lokal di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title