Bahaya Lahar Dingin Masih Mengancam, Sebuah Truk Kembali Terseret Banjir Gunung Semeru

Ilustrasi truk terseret banjir lahar dingin
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi – Bagi anda yang banyak melakukan aktifitas di kaki Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, sebaiknya terus meningkatkan kewaspadaan. Sebuah truk kembali terseret banjir lahar dingin Gunung Semeru. Sedangkan dari puncak Gunung Semeru, erupsi masih terus terjadi.

Masyarakat Tidak Sadar Bayak Pajak, ini Dampaknya

Truk penambang ini terseret banjir lahar dingin saat melakukan aktifitas penambangan batu di Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Jumat, 23 Februari 2024.

Sebelumnya, truk penambang tersebut sedang mengisi muatan batu di jalur lahar dingin gunung Semeru seperti biasa.

Akses Malang-Lumajang Kembali Longsor, ini Rute Alternatifnya

Namun tiba-tiba, banjir lahar dingin langsung menerjang truk yang membuat kendaraan pengangkut batu tersebut tidak sempat diselamatkan.

“Beruntung pengemudinya langsung lari saat banjir belum terlalu besar. Kalau terlambat, saya tidak tahu apa yang akan terjadi,” ujar Suraji seorang penambang.

PT KAI Daop 9 Jember: Perlintasan Kereta Api Liar Segera Dinormalisasi

Kendaraan tersebut sempat terseret banjir lahar dingin dari posisi semula. Beruntung truk bisa dievakuasi dengan cara ditarik truk lain saat banjir lahar dingin sudah surut.

Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi terus mengingatkan pada penambang agar selalu waspada terhadap bahaya banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Halaman Selanjutnya
img_title