58 Warga Bondowoso Terjangkit Chikungunya, Begini Cara Pencegahannya

ilustrasi nyamuk penyebab chikungunya
Sumber :
  • Istimewa / VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi –Musim hujan yang belum juga berakhir membuat sarang nyamuk tumbuh subur akibat banyaknya genangan air di sejumlah tempat. Akibat hal tersebut, sedikitnya 58 warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur terjangkit chikungunya dalam 2 bulan terakhir.

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Banyuwangi Minta Warga Waspadai Gejala Ini

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso, wabah chikungunya menyerang warga di Kecamatan Klabang dan Kota Kulon Kecamatan Bondowoso.

Sedikitnya ada 58 warga yang dilaporkan terjangkit wabah chikungunya dalam laporan medis 2 bulan terakhir.

Jangkitan Chikungunya Meluas, Masyarakat Banyuwangi Diminta Waspada

Hingga hari ini, belum ada laporan dari kecamatan yang terkait ditemukannya warga yang diduga terjangkit wabah chikungunya.

“Jumlah tersebut baru diketahui di dua daerah yakni Kecamatan Klabang dan Kota Kulon Kecamatan Bondowoso,” ujar Administrator Kesehatan Ahli Muda Dinkey Bondowoso, Goek Fitri Wulandari.

Banyuwangi KLB Chikungunya, Belasan Orang jadi Suspek

Warga yang terkena wabah chikungunya akan mengalami gejala sakit pada persendian yang memungkinkan akan sulit untuk bergerak.

“Untuk resiko kematian akibat chikungunya masih relatif kecil dibandingkan DBD namun tetap tidak bisa dianggap remeh gejalanya,” tutur Administrator Kesehatan Ahli Muda Dinkey Bondowoso pada Jurnalis.

Halaman Selanjutnya
img_title