Banyuwangi Geber Program SOBAT untuk Dorong Keterlibatan Orang Tua dalam Pola Asuh

Program SOBAT diterapkan ke wali murid
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menggeber program Sekolah Orang Tua Hebat (SOBAT) untuk memberikan pendidikan pola asuh kepada orang tua atau wali murid siswa. 

Anak ODGJ di Jember Diduga Dijual Ayahnya, Keluarga Lapor Polisi

SOBAT menjadi langkah intervensi Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi terkait banyaknya permasalahan siswa yang setelah digali, penyebabnya berakar dari orang tua. 

Selain itu, program tersebut juga menjadi upaya Dispendik untuk menyelaraskan pandangan wali murid dan sekolah terkait keterlibatan orang tua dalam mengasuh anak

Viral Anak ODGJ di Jember Diduga Dijual Ayahnya: Belum Ada Bukti

“Beberapa permasalahan terkadang berawal dari orang tua, sekolah tidak bisa hanya menunggu orang tua berubah menjadi baik melainkan harus ada intervensi,” kata Sekretaris Dispendik Banyuwangi, Alfian pada Banyuwangi.viva.co.id.

Hal tersebut yang kemudian mendorong Dispendik Banyuwangi menciptakan modul pendidikan pola asuh untuk diteruskan kepada orang tua lewat fasilitator yang sebelumnya telah dilatih. 

Kecanduan Gadget, Dua Anak Remaja di Jember Alami Depresi

“Ada 500 fasilitator yang telah dilatih dispendik. 1 sekolah bisa kirim 2 orang untuk fasilitator,” terang Alfian. 

Fasilitator memiliki tugas untuk menyampaikan materi umum dan materi khusus kepada wali murid dalam 16 kali pertemuan yang dilakukan secara hybrid. 

Halaman Selanjutnya
img_title