Tutup Apel Dansat, Kodam V Brawijaya Lepas Tukik dan Tanam Pohon di Pantai Marina Boom Banyuwangi

Pangdam V Brawijaya lepas tukik
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay menutup Apel Komandan Satuan (Dansat) dengan penanaman pohon mahoni dan melepas anak penyu atau tukik di Pantai Marina Boom Banyuwangi. 

Realisasi Program Hanpangan, Pangdam V Brawijaya Dorong Optimalisasi Sawah Tadah Hujan di Jawa Timur

“Ini bagian dari program bapak kasat yaitu TNI AD bersama Rakyat Menyatu dengan Alam,” kata Rafael pada Banyuwangi.viva.co.id.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 597 penyu dilepas secara massal di sisi barat Selat Bali yang sebelumnya didahului dengan penanaman pohon mahoni sebanyak 200 batang. 

Kodam V Brawijaya Gelar Apel Komandan Satuan di Banyuwangi

“Harapan kita penyu ini 25 tahun yang akan datang bisa berkembang cukup banyak dan tidak dimakan predator,” ujar Rafael. 

Sementara itu, pohon mahoni yang ditanam dipilih karena mampu menjadi pelindung udara dan tangkapan air serta mahoni juga disebut-sebut sebagai simbol keindahan. 

YROI Jakarta Chapter Gelar Baksos Bersama Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa

Sedangkan pohon jati putih dipilih karena dipercayai memiliki makna khusus dan menjadi lambang kesabaran menghadapi tantangan.

Untuk diketahui, Apel Dansat 2024 diikuti sedikitnya 153 Komandan Satuan di jajaran Kodam V/Brawijaya, mulai dari Komandan Korem (Danrem), Komadan Kodim (Dandim), hingga Komandan Batalyon (Danyon) yang tersebar di seluruh Jawa Timur. 

Halaman Selanjutnya
img_title