187 Kades dan BPD Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan, Ini Harapan Bupati Banyuwangi

Ratusan kades saat terima SK perpanjangan masa jabatan
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi  – Sebanyak 187 kepada desa (kades) dan 189 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Banyuwangi menerima Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan yang diberikan langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

7 Pesan Bupati Banyuwangi Kepada 187 Kades yang Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan 2 Tahun

"Semoga hari ini menjadi momentum untuk nantinya bisa bekerja lebih baik lagi. Bisa melanjutkan program yang baik didesanya masing-masing," kata Ipuk. 

Lanjutnya, Ipuk mendorong agar para kades dapat aktif melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengurai permasalahan yang dihadapi.

187 Kepala Desa se-Kabupaten Banyuwangi Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan 2 Tahun

Hal tersebut diharapkan agar ke depan, tidak ada lagi kades di Banyuwangi yang tersandung masalah hukum karena penyalahgunaan anggaran yang tidak sesuai aturan.

“Kades juga harus jadi contoh, jangan sampai kades juga terlibat masalah hukum hanya gara-gara faktor sosial," ujar Ipuk.

Diklaim Tanah Kas Desa Mrawan, Tanah Sempadan Sungai Diawasi Dinas Pengairan

Untuk diketahui, penambahan masa jabatan masa jabatan Kades dan BPD ini sesuai dengan diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

UU yang ditetapkan pada 25 April 2024 ini mengatur masa jabatan Kades dan BPD dari yang sebelumnya 6 tahun maksimal 3 periode menjadi 8 tahun maksimal 2 periode secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Halaman Selanjutnya
img_title