Sidak Hewan Qurban, Disnakkan Bondowoso Temukan ini Pada Hewan Qurban

Pasar sapi di pasar tradisional Kabupatan Banyuwangi
Sumber :
  • Istimewa/ VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi –Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bondowoso melakukan pemeriksaan pada sejumlah lapak yang menjual hewan Qurban.

Kejari Bondowoso Resmi Tahan Eks Kades Maskul Atas Dugaan Korupsi

Pemeriksaan dilakukan guna memastikan hewan qurban dalam kondisi sehat. Satu persatu lapak yang menyediakan hewan qurban ini diperiksa petugas dari Disnakkan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Pemeriksaan bukan hanya kelengkapan dokumen namun juga kondisi kesehatan hewan qurban yang dijual oleh para pedagang tersebut.

Akademisi Hukum Nilai Ketua Bawaslu Bentur Peraturan DKPP

Sedikitnya 19 lapak pedagang hewan qurban yang berada di kawasan Kota Bondowoso dan sekitarnya tidak luput dari pemeriksaan petugas Disnakkan.

"Petugas melakukan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan sebelum dilakukan pemotongan pada hewan," ujar Kabid Keswan Kesmavet dan P2HP Disnakkan Bondowoso, drh Cendy Herdiawan.

KPU Bondowoso Sebut Anggota PKD Alassumur, eks PPS PTDH Punya Kinerja Buruk

Hewan qurban yang dinyatakan sehat oleh petugas, akan ditempeli sticker khusus sebagai penanda hewan qurban tersebut layak konsumsi.

"Sebelumnya kami juga sudah menyebarkan google form untuk diisi sejumlah data oleh para pedagang yang menjadi acuan kami," tutur Kabid Keswan pada Jurnalis.

Halaman Selanjutnya
img_title