Dorong Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Banyuwangi Kini Punya 26 TPS3R

Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Banyuwangi Kini Punya 26 TPS3R
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Mendorong penanganan sampah yang berwawasan lingkungan, pemkab Banyuwangi terus memfasilitasi berdirinya TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah dengan konsep Reduce, Reuse, Recycle).

Program Padat Karya Banyuwangi Jangkau Ribuan Warga Pra Sejahtera

Kini ada 26 TPS3R yang tersebar di berbagai kecamatan, termasuk di Muncar yang meraih TPS 3R Terbaik Nasional.

Banyuwangi memiliki sejumlah program persampahan, mulai bank sampah, pembangunan TPS3R  hingga berbagai inovasi penanganan sampah yang melibatkan pihak swasta maupun masyarakat.

Viral! Seorang ASN Pasuruan Keracunan Air Aki di Tempat Kerja

Pemkab sendiri telah menjadikan penanganan sampah sebagai prioritas program pembangunan sehingga penanganannya cukup komprehensif, dari hulu ke hilir.

“Kami membuat regulasi persampahan, mulai peraturan daerah, peraturan bupati, hingga Surat Edaran tentang pengelolaan dan pengurangan penggunaan plastik. Kami juga menetapkan pengelolaan persampahan sebagai salah satu indikator penilaian dalam rapor desa, yang akan menentukan alokasi anggaran tiap desa,” terang Plt Bupati Banyuwangi Sugirah.

Ifan Efendi Masuk Sel Polsek Wongsorejo Buntut Jual Beli Mobil di Marketplace, Begini Ceritanya

Selain itu Pemkab juga getol kampanye perubahan perilaku kepada masyarakat  dan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Persampahan.

“Kami juga aktif berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk menangani sampah termasuk didukung aktif warga pegiat persampahan. Banyuwangi juga mendapat dukungan dari pemerintah Norwegia dalam pembangunan TPS 3R Tembokrejo dan di Balak,” lanjut Sugirah.

Halaman Selanjutnya
img_title