Tengahi Konflik DPD Nasdem vs Satpol PP, DPRD Banyuwangi Fasilitasi Hearing

DPRD Banyuwangi menggelar rapat dengar pendapat
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi menggelar rapat dengar pendapat atau hearing, buntut perseteruan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Banyuwangi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

125 Anggota PPK Dilantik KPU Banyuwangi untuk Pilkada 2024

Dipimpin Wakil Ketua Muhammad Ali Mahrus, selain menghadirkan DPD Nasdem dan Satpol PP, DPRD Banyuwangi juga turut mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi.

Dalam hearing tersebut, DPD Nasdem mengeluhkan pembongkaran paksa bendera yang dipasang partainya dalam menyambut kedatangan Bakal Calon Presiden Anies Baswedan ke Banyuwangi beberapa waktu lalu. 

Beri Efek Jera, KPU Banyuwangi "Parkirkan" PPK Pelanggar Kode Etik

Selain itu, DPD Nasdem juga menuduh Satpol PP Genteng dan Banyuwangi mencuri 150 bendera partai dan dua buah baliho, serta menganggap lembaga tersebut arogan dan tebang pilih.

Menjawab hal tersebut, Kepala Satpol PP Banyuwangi Wawan Yadmadi menepis tudingan yang dialamatkan kepada instasinya dengan mengatakan bahwa bendera yang ditertibkan tetap aman, hanya saja dipindahkan ke tempat lain. 

PKB Beri Rekom untuk Pilkada Banyuwangi, Gus Makki: Siap jadi Anak Baik

Ia juga menolak disebut tebang milih dalam melakukan penegakan, karena memiliki patokan yang jelas, yaitu peraturan daerah (Perda), peraturan bupati (perbup), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Dasar (RPJMD), hingga pengamanan tata ruang. 

Hingga selesai, rapat hearing masih belum menemukan titik sepakat antara kedua belah pihak, di mana DPD Nasdem masih terus mengejar klarifikasi Satpol PP atas tindakan yang dilakukan. 

Halaman Selanjutnya
img_title