Warganet, Marco Karundeng Incar yang Berhijab dan Berkopiah

Marco Karundeng, anggota Laskar Manguni
Sumber :
  • Istimewa/ VIVA News

Bitung, VIVA Banyuwangi – Penetapan nama Marco Karundeng sebagai tersangka dalam bentrokan antar kelompok massa di Kota Bitung Sulawesi Utara Sabtu, 25 November 2023 memunculkan fakta baru. Anggota Laskar Manguni tersebut diduga telah banyak melakukan provokasi melalui akun sosial media dengan menargetkan warga yang mengenakan hijab dan kopiah.

Antisipasi Laka di Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu, Polri Bersama Polsus PJKA Pasang Himba

Berdasarkan hasil tangkapan layar yang beredar disejumlah akun sosial media. Akun facebook yang diduga milik Marco Karundeng diindikasikan sering melakukan aksi provokasi ujaran kebencian pada kelompok lain.

“Mohon bantuannya untuk mencari provokator ini sampai dapat. Nama: Marco Marewou Karundeng. Kasus: Menarget siapa saja yang berhijab dan berkopiah. Organisasi: Ormas adat pasukan Manguni,” tulis sejumlah akun di sosial media yang dikutip Banyuwangi.viva.co.id.

105 Calon Polisi di Situbondo Dinyatakan Lulus Rikmin

Aksi anarkis laskar Manguni di Kota Bitung

Photo :
  • Istimewa/ VIVA News

Unggahan tersebut membuat netizen menyoroti ormas pasukan Manguni yang disilnyalir bisa merugikan etnis Minahasa di Kota Bitung. Pengibaran bendera Israel oleh kelompok tersebut juga menjadi perhatian netizen.

Puluhan Warga Jember Unjuk Rasa Depan Polres, Pertanyakan Netralitas Polri

Kini Marco Karundeng telah menjalani pemeriksaan dan penahanan Polisi usai ditangkap satuan khusus Polda Kalimantan Timur pasca bentrokan antar kelompok massa di Kota Bitung.