Penuhi Hak Napi, Lapas Banyuwangi Usulkan Pengadaan TPS Khusus

Lapas Banyuwangi koordinasi dengan KPU Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. Lapas Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banyuwangi mengusulkan penyedian Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk para narapidana (napi) yang dinaungi. 

Hitung Ulang Suara Pileg, PAN Bertambah Dan Partai Gerindra Menurun

Hal tersebut bertujuan untuk membantu kesuksesan Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024, serta mendukung para napi untuk menyalurkan hak suaranya. 

Untuk mewujudkannya, Lapas Banyuwangi kemudian berkoordinasi serta bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi terkait pengadaan TPS. 

Janjikan Loloskan Calon Anggota PPS, Ketua PPK Wonosari Diduga Lakukan Pungli

“Sebelumnya telah kami usulkan 4 TPS khusus,” kata Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono pada awak media. 

Lanjutnya, setiap TPS yang ada akan mengkoordinir hak suara 200-300 pemilih, dan 4 TPS tersebut menyesuaikan jumlah napi yang ada di Lapas Banyuwangi yaitu sebanyak 900 orang. 

Nur Wakit Daftarkan Diri, Sebagai Bacabup Dari Partai Golkar

Untuk diketahui, usulan TPS khusus yang diajukan mengalami peningkatan dibandingkan pemilu 2019 yang hanya sebanyak 3 TPS. 

Sementara itu, terkait persiapan pelaksanaan Pemilu, Lapas Banyuwangi terus melakukan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT), persiapan lokasi TPS, hingga pendaftaran petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Halaman Selanjutnya
img_title