Dokter Spesialis Urologi Bondowoso Jelaskan Tentang Donor Ginjal

Dokter spesialis urologi Bondowoso, AKBP dr Heri Budiono, Sp.U
Sumber :
  • Deni Ahmad Wijaya for VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi – Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Bernama Erfin Dewi Sudanto, warga Desa Bataan, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso ramai diperbincangkan karena bersedia menjual ginjalnya untuk modal biaya kampanye.

DPRD Bondowoso Sebut Kasus Korupsi PT Bogem 'Dihilangkan'

Lantas, sebenarnya bagaimana pandangan medis tentang donor ginjal dan dampaknya bagi kesehatan?

Dokter spesialis urologi Bondowoso, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dokter Heri Budiono, Sp.U menjelaskan secara medis tentang ginjal, donor, transplantasi hingga peraturan perundangan yang mengatur hal tersebut.

PJ Bupati Bondowoso Non-jobkan ASN "Ngamar" di Hotel Kelas Melati

"Secara medis, manusia memang bisa hidup hanya dengan satu ginjal," ungkap dr. Heri kepada Banyuwangi.viva.co.id, Rabu 17 Januari 2024.

Namun, dr. Heri mengimbau kepada mereka yang telah mendonorkan satu ginjalnya, untuk sangat berhati-hati menjalani hidup.

Wakil Ketua DPRD Jember Maju Pilkada 2024 Lewat Nasdem

"Harus benar-benar sangat menjaga gaya hidup supaya satu-satunya ginjal tersisa itu bisa tetap dalam kondisi sehat," imbau dr. Heri.

Dr. Heri mnambahkan, orang yang hanya punya satu ginjal, harus memastikan tidak terjadi benturan di area vital yang membuat ginjal terakhirnya rusak.

Halaman Selanjutnya
img_title