Tumbuhkan Kepedulian Masyarakat Soal Sampah, Ini Kiat DLH Banyuwangi

Plt Kepala DLH Banyuwangi saat kerja bakti penanganan sampah
Sumber :
  • Dok. DLH/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi terus berupaya menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk menangani sampah masing-masing dengan memulai pengelolaannya dari rumah. 

Alun-Alun Kota Lumajang Masih Terlihat Kumuh dan PKL Belum Tertib

“Harapannya, masyarakat mengelola sampah dari sumbernya,” kata Plt Kepala DLH Banyuwangi Dwi Handajani pada Banyuwangi.viva.co.id.

Hal tersebut menurut Dwi perlu dilakukan karena penanganan persoalan sampah tidak semata-mata sebagai kewajiban pemerintah, melainkan juga dibutuhkan kolaborasi masyarakat di berbagai lapisan. 

Tumpukan Sampah di Mimbo Terlambat Diangkut Petugas, Warga: Bikin Pusing Kepala

Untuk mendukung upaya tersebut, Pemerintah Banyuwangi disebutnya menyiapkan program pendampingan kepada masyarakat yang menyasar kelompok dasawisma, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) hingga anak-anak usia sekolah. 

Yang menjadi perhatian utama dalam pelatihan tersebut adalah para peserta akan didorong untuk mengurangi sampah, di antaranya dimulai dari berbelanja dengan tidak memilih kemasan plastik atau beralih ke kemasan daur ulang. 

Proyek STOP Sukses Buka Layanan Persampahan untuk Masyarakat Banyuwangi

Dengan pelatihan tersebut diharapkan perilaku masyarakat untuk mengelola dan menangani sampah perlahan beralih dan menjadi lebih baik. 

Tak hanya menyasar kalangan rumah tangga, DLH juga mendorong kesadaran pengelolaan sampah di lingkungan sekolah. 

Halaman Selanjutnya
img_title