Ponpes Mahfilud Dluror di Bondowoso Sudah Puasa Sejak Hari Minggu

Pengasuh Ponpes Mahfilud Dluror Kyai Ali Wafa
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi –Berdasarkan sidang isbat, Pemerintah menetapkan permulaan puasa jatuh pada Hari Selasa, 12 Maret 2024. Sedangkan Muhammadiyah, menetapkan awal puasa mulai Hari Senin, 11 Maret 2024. Namun siapa sangka, ada yang sudah menjalankan ibadah puasa sejak Hari Minggu, 10 Maret 2024.

Dijamin Tidak Antri! Berikut ini Jam - Jam Untuk Mudik di Pelabuhan Gilimanuk

Adalah warga Kecamatan Jelbuk yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember di Jawa Timur ini yang sudah menjalankan puasa lebih awal 2 hari dari ketetapan Pemerintah.

Warga di sekitar Pondok Pesantren Mahfilud Dluror sudah berpuasa sejak Hari Minggu, 10 Maret 2024 sebelum sidang isbat dimulai oleh Pemerintah.

Pemudik di Pelabuhan Gilimanuk Melonjak Signifikan, ASDP Ingatkan Hal Ini

Untuk pelaksanaan sholat tarawih pertama, juga sudah dimulai sejak Hari Sabtu, 9 Maret 2024 yang diikuti seluruh warga Ponpes serta penduduk sekitar.

“Kami menjalankan ibadah sholat tarawih pada hari Sabtu malam, jadi pada hari Ahad kita sudah bisa langsung puasa,” ujar Pengasuh Ponpes Mahfilud Dluror Kyai Ali Wafa pada Antara.

Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Gilimanuk Hingga Dini Hari

Sholat tarawih dan puasa lebih awal tersebut bukan hanya tahun ini saja namun sudah berjalan bertahun-tahun.

“Penentuan awal puasa di Pesantren Mahfilud Dluror berdasarkan kitab salaf Nushatul Majaalis wa Muntahobul Nafaais yang terapkan sejak Tahun 1826,” tutur Kyai Ali Wafa.

Halaman Selanjutnya
img_title