3,1 Juta Orang Plesiran ke Banyuwangi, Ipuk Dorong Inovasi Wisata

Wisatawan luar kota berkunjung ke Banyuwangi
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Banyuwangi mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara sebesar 3,1 juta orang pada tahun 2023 dari yang sebelumnya 2,9 juta orang pada tahun 2022.

Pelaku Ekraf Banyuwangi Digelontori Kredit Iklan 15 Ribu USD?

Peningkatan juga terjadi pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang meningkat dari 29 ribu orang pada tahun 2022 menjadi 69,6 ribu orang pada tahun 2023.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengurai bahwa Banyuwangi Festival (B-Fest) 2023 menjadi satu di antara banyaknya pemicu meningkatnya jumlah wisatawan ke Banyuwangi. 

Nikmati Keindahan Alam dari Camping Ground Kampung Durian Jember

Ipuk menambahkan, meningkatnya wisatawan Banyuwangi juga karena pandemi Covid-19 telah berangsur pulih yang kemudian mengubah pola berwisata masyarakat. 

“Kita sudah meminta dinas pariwisata untuk mempersiapkan dengan kondisi tersebut,” kata Ipuk pada Banyuwangi.viva.co.id.

Naskah Kuno Banyuwangi Diusung jadi Ingatan Kolektif Nasional 2024

Dengan tingginya kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, Ipuk terus mendorong inovasi dan destinasi baru yang akan terus meningkatkan kunjungan wisatawan pada tahun-tahun berikutnya. 

Terkait target kunjungan wisatawan, Ipuk berharap Banyuwangi akan kembali sebelum pandemi yaitu mencapai 5 juta kunjungan dalam setahun. 

Halaman Selanjutnya
img_title