5 Jam Hujan Deras Mengguyur, 228 Rumah di Situbondo Terendam Banjir

Banjir rendam ratusan rumah warga
Sumber :
  • Dok. BPBD Situbondo/ VIVA Banyuwangi

Situbondo, VIVA BanyuwangiHujan deras yang mengguyur selama lebih dari 5 jam pada sejumlah Kecamatan di Kabupaten Situbondo, menyebabkan 228 rumah di 2 Kecamatan terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa. Banjir juga dipicu meluapnya aliran sungai yang tidak dapat lagi menampung volume air yang terus membesar.

Kawasan Konservasi Taman Nasional Baluran Situbondo Dijagat Ketat Petugas Gabungan

Musibah banjir ini dialami warga di Kecamatan Banyuglugur dan Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Minggu, 17 Maret 2024.

Sedikitnya 228 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa atau setinggi lebih dari 100 sentimeter.

Sertifikat Label Kuning, BK 01 dan BK 02 Agritan Siap Ditangkarkan di Tapal Kuda

Sebelum dilanda banjir, kawasan tersebut sempat diguyur hujan yang cukup lebat selama lebih dari 5 jam sejak pukul 17.00 hingga menjelang tengah malam.

“Sebelum malam sebenarnya air sudah banyak masuk ke rumah warga namun semakin malam semakin banyak air yang masuk,” ujar Mat Raji warga setempat.

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

Banjir yang datang pada tengah malam tersebut, membuat warga harus bersusah payah untuk menyelamatkan perabot rumah serta barang elektronik lainnya ke tempat yang lebih tinggi.

“Kalau tidak segera dipindahkan takutnya ketinggian air terus bertambah. Bisa rusak kalau terendam banjir nanti,” tutur Mat Raji.

Halaman Selanjutnya
img_title